Google Coba Meningkatkan Pencarian Di Google Play Store


Image From Google
Perkembangan jumlah aplikasi Android yang terus bertambah dari waktu ke waktu menjadi problem tersendiri, baik itu bagi pengguna maupun developer yang baru terjun di marketplace aplikasi Google Play Store.

Menurut laporan jumlah aplikasi dari www.statista.com, pada akhir 2016 tercatat kurang lebih ada 2,6 juta aplikasi Android yang dirilis melalui Google Play Store. Angka tersebut dipastikan bakal terus meningkat, sehingga mendorong Google untuk mencari solusi hal ini. Salah satu usaha Google untuk menangani masalah ini adalah mengubah algoritma pencarian di Google Play Store.

Rencana untuk mengubah bagan alur pencarian di Google Play Store ini diwacanakan Director of Product Management Google, Paul Bankhead, dalam acara Game Developers Conference 2017 di San Fransisco, Amerika Serikat.

Paul Bankhead at GDC 2017. Image From Google
Seperti yang dikutip dari Techinasia.com dan www.pocketgamer.biz, perubahan algoritma ini bertujuan untuk mempermudah pengguna dalam menemukan aplikasi yang diinginkan. Caranya? Dengan memprioritaskan perilaku pencarian pengguna daripada bertumpu pada besaran angka unduhan di Google Play Store. Dengan algoritme ini, harapannya pengguna Android bisa menjumpai aplikasi atau game lain yang kurang terekspos karena kalah dari segi traksi.

Selain mengubah algoritme pencarian di Google Play Store, Google juga akan menerapkan fitur pemberian potongan yang dapat diatur sendiri oleh pihak developer. Melalui fitur ini, developer bisa menentukan promosi aplikasi mereka (jika berbayar) yang ditandai dengan coretan pada harga normal.
“Selama masa uji coba fitur ini, kami mendapat laporan adanya peningkatan penjualan mulai dari tiga hingga dua puluh kali lipat dari para developer,” ungkap Bankhead sebagaimana dikutip dari VentureBeat.

Image From Google
Sebagai penutup, Google juga akan menambahkan halaman khusus Editor Choice untuk mengurasi aplikasi dan game Android yang membeludak di Google Play Store. Perubahan algoritme dan penambahan fitur ini rencananya bakal diterapkan Google dalam waktu dekat. Dengan semakin lengkapnya fitur yang dimiliki Google Play Store, mulai dari penambahan akses beta, pengaturan set waktu serta harga promosi, dan lain-lainnya, semoga semakin membantu developer aplikasi dan game Android di masa datang.

About https://bambanghariantosianturi.blogspot.com/

https://bambanghariantosianturi.blogspot.com/
Recommended Posts × +

0 komentar:

Post a Comment