Berikut Beberapa Penemuan Terbaik di Tahun 2016


Kita sudah menginjak awal di tahun 2017 yang dimana tahun  ini dipastikan akan kembali hadirnya sejumlah bentuk dari teknologi baru. Teknologi memang dikenal sangat dinamis dalam pengembangannya Serta bentuk dari inovasi – inovasi baru yang hadir, baik masih dalam bentuk prototype atau yang sudah umum dipasarkan.

Tahun 2016 lalu menjadi tahun dimana lahirnya beberapa bentuk teknologi baru, salah satu contohnya adalah Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR). Seperti yang telah kita ketahui bahwa di tahun 2016 menjadi tahun penanda dimana dikenalnya sebuah teknologi Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR). Berikut Beberapa penemuan terbaik pada tahun 2016 yang telah saya rangkum.


1.       NASA melakukan uji coba pada roket terbesar di dunia.


Badan Ruang Angkasa Amerika (NASA) melakukan uji coba pendorong roket terbesar yang ditujukan untuk mengirim astronot ke ruang angkasa baik kebulan, asteroid ataupun ke mars. Pendorong roket ini terbesar dari terkuat yang pernah dibangun dan merupakan uji coba terakhir sebelum roket dan kapsul Orion siap untuk melakukan uji penerbangan pertama. Uji Coba ini dilakukan pada 28 juni 2016 lalu di Promontory, Utah.


2.       Penerbangan Helicopter Pertama Dengan Menggunakan Tenaga Surya.


Sebuah Tim yang terdirikan dari beberapa Mahasiswa Universitas of Maryland ini telah menemukan metode penerbangan baru, kali ini berhasil menerbangkan sebuah helicopter beserta penumpang dengan menggunakan tenaga surya.

    
3.       Pokemon GO


Pokemon GO adalah sebuah game berbasiskan Augmented-Reality yang merupakan kombinasi dari dunia virtual dengan dunia nyata. Game ini dikembangkan oleh Niantic Inc dan terkenal pada tahun 2016, namun sayangnya kepopuleran game tidak bertahan lama di Indonesia.

  
4.       Inggris Membangun Fasilitas Energi Surya Apung Terbesar Di Eropa

Photograph by Martin Godwin for the Guardian

Tahun 2016 lalu Inggris membangun sebuah Energi Surya apung terbesar di Eropa. Fasilitas itu dibangun di tempat penampungan air (reservoir) dekat Heathrow, Inggris. Lebih dari 23.000 panel surya photovoltaic dipasang di permukaan reservoir Queen Elizabeth II dekat Wal ton-on-Thames, Surrey. Lokasi fasilitas itu hanya 8 kilometer dari Heathrow. Saat selesai dibangun, fasilitas itu akan memiliki ukuran delapan lapangan sepak bola dan mampu menghasilkan listrik 5,8 juta kilowatt dalam satu tahun. Energi yang dihasilkan akan digunakan untuk fasilitas pemurnian air yang ada di dekatnya, serta diperkirakan energi yang dihasilkan fasilitas ini akan sama dengan konsumsi tahunan sekitar 1.800 rumah. Dari informasi yang saya dapat bahwa proyek ini rampung pada akhir Maret 2017 lalu. Mungkin ini adalah salah satu Revolusi Energi Cerdas dan merupakan inovasi  terbaik untuk penghematan sumber daya .
  

5.       Virtual Reality atau VR


Salah satu tren yang menarik lainnya di 2016 ini adalah Virtual Reality atau biasa disingkat VR. Virtual Reality adalah sebuah teknologi yang membuat pengguna atau user dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer, sehingga pengguna merasa berada di dalam lingkungan tersebut. Di dalam bahasa Indonesia virtual reality dikenal dengan istilah realitas maya. Sebelumnya awal mula sebuah kemunculan Virtual Reality di mulai pada tahun 1957-1962 yaitu Seorang yang bernama Morton Heilig, seorang sinematografer, menciptakan dan mempatenkan sebuah simulator yang disebut Sensorama dengan visual, getaran dan bau. Selanjutnya pada tahun 1966 Ivan Sutherland menemukan head-mounted display yang dia claim adalah, jendela ke dunia virtual. Kemudian Pada tahun 1989 Jaron Lanier, memeperkenalkan Virtual Reality dan menciptakan bisnis komersial pertama kali di dunia maya.

Di tahun 1999 Hirokazu Kato, mengembangkan ArToolkit di HITLab dan didemonstrasikan di SIGGRAPH. Tahun 2000 Bruce.H.Thomas, mengembangkan ARQuake, sebuah Mobile Game AR yang ditunjukan di International Symposium on Wearable Computers. 2008 Wikitude AR Travel Guide, memperkenalkan Android G1 Telephone yang berteknologi AR. Di Tahun 2009 Saqoosha memperkenalkan FLARToolkit yang merupakan perkembangan dari ArToolkit. FLARToolkit memungkinkan kita memasang teknologi AR di sebuah website, karena output yang dihasilkan FLARToolkit berbentuk Flash. Ditahun yang sama, Wikitude Drive meluncurkan sistem navigasi berteknologi AR di Platform Android. Tahun 2010 Acrossair menggunakan teknologi AR pada I-Phone 3GS. Namun ditahun 2016 lah Virtual Reality (VR) mulai dikenal luas, diperkirakan Sekitar 10.000.000 orang akan menggunakan headsets VR.
  

6.       Metode Pembayaran Dengan Menggunakan Cincin Keramik Kerv


Dari mulai e-money sampai Google Wallet, kita sudah melihat banyak sekali upaya dalam menciptakan alternatif pengganti uang tunai. Mereka dibuat untuk fungsi spesifik: menyeder-hanakan proses pembayaran sembari meminimalisir resiko kehilangan. Namun seorang Philip Campbell menemukan solusi menjanjikan transaksi tanpa kartu, mengisi PIN bank, atau bahkan smatphone. Philip Campbell adalah seorang developer asal Inggris sang developer memanfaatkan pendekatan tidak biasa ialah sebuah cincin bernama Kerv. Penampilannya sesimpel cara menggunakannya. Kenakan Kerv di jari, dan ia kompatibel ke 38 juta lokasi pembayaran ‘contactless‘ di seluruh dunia. Dengan membawanya, Anda sama sekali tidak perlu mengeluarkan apapun dari tas. Atau silakan tinggalkan pernak-pernik yang tidak benar-benar dibutuhkan di rumah.
  

7.       Misi OSIRIS-Rex’s


Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) meluncurkan wahana antariksa OSIRIS-REx pada Jumat (9/9/2016) sekitar pukul 7.00 WIB. Origins, Spectral Interpretation, Resource Identification and Security-Regolith Explorer, demikian nama lengkap wahana itu, akan menyelidiki asteroid bernama Bennu. Peluncuran wahana itu menandai misi kesekian manusia untuk mengenal asteroid. Sebelumnya, misi asteroid telah dilakukan Badan Antariksa Eropa (ESA) lewat sepasang wahana Rosetta dan Philae dan Badan Antariksa Jepang lewat Hayabusha. OSIRIS-REx tidak hanya akan mengorbit dan memotret Bennu dari dekat. Wahana berbobot 2 ton tersebut juga akan mengambil sampel debu dengan salah satu instrumennya yang menyerupai pembersih vakum.

Debu tersebut akan dibawa ke bumi untuk diteliti. Wahana OSIRIS-REx akan mengarungi perjalanan antariksa selama 2 tahun untuk mencapai Bennu. NASA memerkirakan, wahana itu akan sampai di asteroid berbentuk menyerupai berlian itu pada Agustus 2018. Selama beberapa bulan megorbit, OSIRIS-REx akan memotret asteroid dan memetakannya. Kemudian, mulai Juli 2020, wahana itu akan mengeluarkan perangkat senjatanya yang disebut TAGSAM. Alat yang fungsinya menyerupai pembersih vakum itu akan menjejak permukaan Bennu serta mengambil sampel debunya. NASA berharap bisa mengoleksi sekitar 60 gram debu asteroid tersebut. Apabila berhasil, OSIRIS-REx baru akan memulai perjalanan pulang ke Bumi pada Maret 2021. September 2023, wahana itu dijadwalkan sampai ke Bumi.

Namun demikian, wahana itu takkan mendarat. Dia hanya akan menjatuhkan kapsul berisi debu asteroid dan selanjutnya tetap melayang di orbit Bumi sebagai sampah antariksa. Diberitakan CNN, pengambilan debu tersebut punya satu misi, mengungkap asal-usul Tata Surya serta kehidupan di bumi. Dari debu itu, ilmuwan bisa menginfonfirmasi teori yang menyatakan bahwa materi kehidupan dibawa ke bumi oleh asteroid. Bennu sendiri adalah asteroid yang unik. Di samping berbentuk berlian, asteroid itu juga merupakan salah satu obyek yang berpotensi menghantam bumi antara tahun 2175 - 2199. Potensinya tergolong kecil, hanya 1 : 2500. Walaupun demikian, NASA tetap mewaspadai.

        Mungkin demikian beberapa Inventions atau penemuan yang saya rangkum dari beberapa sumber. Apabila ada dari teman-teman yang  hendak ingin menambahkannya saya persilahkan.

About https://bambanghariantosianturi.blogspot.com/

https://bambanghariantosianturi.blogspot.com/
Recommended Posts × +

0 komentar:

Post a Comment